Apakah anda pernah mengalami barang rusak saat pengiriman  ?

Jadi Mitra Kargo ingin memberitahu cara packing barang agar aman sangatlah penting. Karena kondisi barang yang anda kirim terjaga dengan baik sampai ketujuan. Cara yang di bawah ini akan semakin penting bagi para pemilik online shop. Karena setiap transaksi yang ada pasti memakai jasa pengiriman paket tersebut. Cara packing yang ada sangat mudah anda terapkan. Namun masih banyak orang yang tidak melakukan hal tersebut baik itu karena ketidaktahuan atau kurangnya perhatian. Oleh karena itu pastikan anda melakukan hal ini agar barang yang akan dikirm selalu aman. Jadi, kamu perlu simak teknik packing dari Mitra Kargo berikut ini buat menambah kualitas pelayanan toko online-mu!

7 CARA PACKING BARANG  AMAN DAN MUDAH

   1. Pahami Jenis Barangnya

 

Setiap barang pastinya memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak bisa menerima perlakuan yang sama. Hal yang sama juga berlaku Ketika anda akan mengirim barang. Barang pecah belah seperti guci ,keramik dan lainnya harus memperoleh pengamanan ekstra. Perlakuan yang sama bisa anda berikan pada barang mewah agar tidak mudah lecet selama proses pengiriman. Contoh lainnya adalah tumbuhan yang sebaiknya memakai kemasan kayu agar tidak mudah rusak namun tetap memiliki ruang yang sesuai sedangkan dokumen cukup dengan amplop tetapi jika ingin lebih aman maka lapisi kembali dengan bungkus plastik.

 

   2. Bungkus produk secara berlapis

 

Agar barang yang dikirim aman dan rapi dalam perjalanan, kamu perlu memberikan perlindungan berlapis pada barang tersebut, yaitu dengan cara melapisi produk menggunakan bubble wrap dan membungkusnya dengan kardus. Jika dalam satu kardus terdapat beberapa produk, maka setiap produk harus di lapisi bubble wrap secara terpisah ya guys. Untuk kardus terluar, pilihlah yang memiliki kualitas yang bagus dan berbahan keras, biar kardus nggak mudah penyok dan sobek. Hindari memakai kembali kardu bekas ya, karena kardus bekas sudah kehilangan kekuatannya, jadi risiko rusak lebih besar. Lalu jangan lupa buat memastikan nggak ada celah dalam kardus kemasan, ya. Celah dalam kemasan malah akan membuat barang bergerak-gerak dan tergoncang selama pengiriman. Kamu bisa memanfaatkan koran bekas atau styrofom untuk mengisi celah tersebut. Usahkan untuk menggunakan kardus kemasan yang sesuai atau yang nggak terlalu besar dari ukuran produk asli untuk menghindari terlalu banyak celah kosong.

 

   3. Gunakan packing kayu untuk barang mudah pecah dan makanan

 

Kalau produk yang kamu jual kebanyakan adalah barang pecah atau makananpertimbangkan untuk menggunakan packing kayu.Kadang  bubble wrap dan kardus aja belum cukum menjamin barang tetapp aman dan paket nggak penyok.Kalau memang masih bisa  menggunakan kardus, perhatikan juga cara menyegelnya ,ya .Gunakan perekat yang  kuat dengan membentuk pola H di bagian atas dan bawah kardus .Selain barang pecah dan makanan ,untuk barang berdimensi besar ,berjumlah banyak ,dan bernilai tinggi seperti CPU,laptop ,tablet,smartphone,layer LCD juga sangat disarankan untuk dikemas dengan packing kayu.kemasan kayu memiliki kelebihan berupa perlindungan mekanis yang baik terhadap  barang yang di kemas  , karena kayu merupakan bahan yang kuat terhadap tekanan dan tumpukan.

 

   4. Stiker peringatan jangan sampai ketinggalan

 

Hal selanjutnya yang nngak boleh terlewat adalah menempelkan stiker peringatan di permukaan kardus atau pascking kayu untuk menginformasikan kondisi barang di dalam paket agar kurir dari ekspedisi yang kamu gunakan dapat lebih berhati-hati Ketika membawanya .Apalagi kalau barangmu adalah barang yang rawan rusak ,stiker peringatan ini penting banget . Kalau kamu bosan dengan tampilan desain stiker yang lucu dengan kata – kata yang juga unik , seperti : Mudah patah seperti hatiku.Jangan di banting apalagi di gantung .Baik kurir maupun pelanggan mu akan senyum senyum sendiri melihat paket kiriman darimu itu, deh.

 

   5. Menuliskan alamat penerima

 

Setelah mengemas produk atau barang dengan benar menggunkan bahan yang terbaik , anda perlu memperlengkap kemasan tersebut dengan data penerima dengan lengkap , dan benar .alamat yang dicantumkan harus lengkap dan tulisannya harus mudah untuk di baca . Alamat penerima meliputi nama jalan dan kelurahan ,kecamantan dan kota ,serta kode pos . Kalau tulisan tangan anda tidak terlalu rapi ,anda bisa mengetikkan alamat tersebut lalu menempelnya di bagian paket yang mudah untuk dilihat.

 

    6. Pilih jasa pengiriman yang terpercaya

 

Kalau packing dan stiker peringatan uda beres ,selanjutnya adalah memastikan jas pengiriman yang terpecaya agar bisa kamu andalkan untukk menjaga paket-paketmu  tetap utuh selama dalam perjalanan hingga sampai ketangan pelanggan .Banyak banget ekspedisi yang menawarkan macam-macam layanan pengiriman di xaman serba jual-beli online ini . Salah satunya adalah Mitra Kargo yang bisa kirim barang apa aja ke seluruh Indonesia dengan 3 metode pengiriman , yaitu lewat via darat, via laut ,dan via udara yang bisa memberi kenyamanan untuk pelangganmu.

 

    7. Selipkan pesan personal dalam paket

 

Sekarang banyak toko online yang memberikan layanan ekstra dengan menylipkan pesan personal berupa kartu ucapan paketnya. Pesan personal itu bisa bermacam-macam bentuknya.Tapi ,yang paling sering adalah berupa quote-queto inspiratif .Dengan pesan personal  tersebut ,pelangganmu akan merasa di perhatikan dan mereka merasa memperoleh perlakuan special yang menimbulkan kesan mendalam di diri mereka .

Setelah tahu cara packing barang yang aman di atas ,jangan lupa untuk di paraktikkan,ya. Perlu diingat juga nih guys ,  masih sering terjadi kesalahan Ketika membungkus produk dengan bubble wrap .Yang perlu dilapisi bubble wrap adalah produknya  ya ,bukan kardus luarnya,karena nngakn perlu.Kenali juga berbagai macam fungsi pelindung kemasan ,mulai dari bubble wrap,peti kayu ,plastic kresek ,kardus ,amplop ,dan lain sebagainya untuk di sesuaikan dengan produk yang berbeda.